Senin, 17 Januari 2011

( 6 ) Jaty Arthamas Fortune - Pengembangan Kerjasama

PT. Jaty Arthamas Fortune siap mensupply berapapun jumlah tanaman jati yang anda kehendaki, mulai dari 1 bibit sampai 1 juta bibit pesanan dapat kami kirimkan ke seluruh pelosok Indonesia. Tata cara penanaman dan supervisi kami akan berikan gratis sampai sukses menanam.
Terbuka kerja sama bagi pihak swasta, perseorangan bahkan pemula untuk menjalankan konsep kebun Agro_Forestry yang padat manfaat dan bernilai ekonomi tinggi.
Sangat disadari pentingnya jalinan kerjasama dengan para pihak yang competen untuk mendukung bisnis yang sedang dikembangkan oleh PT. Jaty Arthamas Fortune. Apalagi pada era globalisasi, PT. Jaty Arthamas Fortune harus mempersiapkan diri menghadapi persaingan global. PT. Jaty Arthamas Fortune saat ini sedang menjajagi kerjasama dengan beberapa pihak yang mempunyai visi yang sama.
Apabila dikelola dengan baik dan pemilihan tanaman pokok yang bernilai ekonomi tinggi (misalnya jati, ramin, meranti, dll) maka pengembangan Agroforestry ini dapat dijadikan sebagai Investasi manfaat ganda, yaitu secara ekonomis sangat menguntungkan, secara ekologis menjadi penyangga lingkungan dan secara sosiologis turut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.
  1. Ekonomis
    Mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan kayu tanaman pokok (pendapatan jangka panjang) dan hasil tanaman intercropping atau tumpangsari (pendapatan jangka pendek sampai sedang).
  2. Ekologis
    Selama dalam masa pemeliharaan sampai dengan panen dapat berfungsi sebagai reboisasi yang dapat mencegah erosi, banjir, tanah longsor, dan meningkatkan resapan air ke dalam tanah, serta mengurangi polusi udara. Memperbaiki iklim mikro disekitarnya.
  3. Sosiologis
    Menyerap tenaga kerja masyarakat sekitar kebun. Membuka kemungkinan kerjasama dalam bentuk tumpangsari. PT. Jaty Arthamas Fortunejuga menyediakan jasa layanan dalam pengembangan Agroforestry sebagai suatu Investasi
PENGEMBANGAN AGROFORESTRY
PT. Jaty Arthamas Fortune melihat semua itu sebagai suatu tantangan dan peluang untuk berperan serta dalam mengembalikan potensi sumber daya alam tersebut. Pada saat ini PT. Jaty Arthamas Fortune memulai dengan mengembangkan Kebun Jati dengan konsep Agroforestry. Dalam pengembangan kebun jati tersebut dikemas dalam beberapa pola kemitraan yang melibatkan investor, pengelola kebun, dan masyarakat atau pemerintah daerah. Hal ini merupakan wujud peran serta masyarakat dalam pembangunan di bidang kehutanan dan Pemerintah wajib mendorong peran serta masyarakat melalui berbagai kegiatan di bidang kehutanan yang berdaya guna dan berhasil guna sebagaimana diatur dalam Undang-undang No.41 Tahun 1999 tentang Kehutanan.
Apalagi pada saat ini dengan adanya pelaksanaan Otonomi Daerah, Pengembangan Agroforestry yang dikelola dengan baik juga dapat dijadikan sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah bagi PEMDA.
Kayu Jati
Data selama 25 tahun:
  • Pasaran kayu berkualitas setingkat kayu jati mengalami peningkatan 2x lipat / 5 tahun (40% per tahun)
  • Harga pasaran kayu jati dunia berkisar antara US$ 500 – US$ 2,400 per meter kubik (Sumber Data 2003)
Harga Patokan Ekpor Kayu Bulat, Per 1999
  1. Kayu bulat kelompok Ebony dan Cendana $3,500.00 /m3
  2. Kayu bulat kelompok Kayu Indah lainnya $500.00 /m3
  3. Kayu bulat kelompok Kayu Jati $700.00 /m3
  4. Kayu bulat kelompok Kayu Meranti $110.00 /m3
  5. Kayu bulat kelompok Kayu Rimba Campuran $80.00 /m3
  6. Kayu bulat kelompok Kayu Karet $65.00 /m3
  7. Bahan baku serpih (BBS), dari hutan alam $ 5.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar